InformasiPenelitian

Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mendapatkan Sertifikasi Peneliti Kuantitatif Internasional.

Screenshot 2023-09-01 at 11.57.42

Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mendapatkan Sertifikasi Peneliti Kuantitatif Internasional.

Akhirnya 2 (dua) dosen dari Jurusan Desain salah satunya dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengikuti ujian sertifikasi Peneliti (Ahli) Kuantitatif Internasional secara online, dinyatakan lulus dan kompeten mendapatkan gelar CIQnR (Certified International Quantitative Research) dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang diadakan pada 29 Mei 2023.
Capaian yang membanggakan ini, dimana kedua dosen tersebut yakni Harmilyanti Sulistyani, S.T., M.Sc., Ph.D dari Prodi Desain Interior dan Brilinda Pandanwangi, S.Ds., M.Sn., dari Prodi Desain Komunikasi Visual .
Sebagai salah satu tugas dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi adalah melakukan penelitian. Untuk mendukung kompetensi profesi peneliti yang memiliki standar global dalam melaksanakan riset maka diperlukan sertifikasi kompetensi.
Sebelum uji sertifikasi kedua dosen tersebut mengikuti pelatihan sertifikasi Peneliti (Ahli) Kuantitatif Internasional yang selenggarakan PT. Metiri Aromata Tifara Nusantara pada tanggal 24-26 Maret 2023. Sertifikasi Peneliti (Ahli) Kuantitatif Internasional diselenggarakan oleh PT Quantum HRM International.
Materi ujian sertifikasi terdiri dari dua aspek, yaitu Technical Unit Competencies dan Managerial Unit Competencies. Bagian pertama terdiri dari Mastery of the Methods of Scientific Thinking Concepts, Mastery of Basic Terms of Quantitative Research, Mastery of Theory and Paradigm, Mastery of Positivism and Post-Positivism Concepts, Application of the Positivism and Post-Positivism Paradigma Concepts, Able to Apply Statistical Analysis, Mastery of the Statistical Analysis and Discussion of Research Results, Mastery of the Quantitative Research for Monitoring and Supervision. Bagian kedua terdiri dari Integrity, Teamwork, Communication, Results Orientation, Decision Making, Unite the Nation, Basic English.
Menurut Dr. Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn., Sekretaris LP2MP3M ISI Surakarta, sertifikasi juga mendukung Indikator Kinerja Utama ‚ÄúPersentase jumlah dosen yang memiliki sertifikasi kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja”.
Melalui capaian ini diharapkan dapat memacu kinerja dosen untuk selalu meningkatkan kompetensi melalui program-program sertifikasi di bidang lainnya yang terkait keilmuannya.