Dosen Baru Siap Jalankan Tugas
September 12, 2022 2022-09-13 8:50Dosen Baru Siap Jalankan Tugas
Tiga dosen baru Prodi DKV ISI Surakarta telah selesai dan lulus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar (Latsar). Latsar yang diikuti ketiganya merupakan kewajiban setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tujuan Latsar ini adalah untuk melatih dan membentuk pegawai profesional dan berkarakter.
Ketiga dosen baru DKV tersebut adalah Indriati Suci Pravitasari, S.Sn., M.Sn., Isnawati Muslihah, S.Kom., M.Cs., dan M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn. Rangkaian Latsar yang mereka ikuti berlangsung semenjak 27 Juni 2022. Rangkaian Latsar dimulai dengan mempelajari materi melalui learning management system MOOC dan distance learning selama tiga minggu. Selanjutnya mereka menjalani masa habituasi selama sebulan, dan ditutup dengan pembelajaran klasikal selama seminggu.
Selama distance learning, ada tiga agenda yang dipelajari. Adapun agenda pertama tentang perilaku bela negara. Materi agenda pertama ini seputar wawasan kebangsaan, wawasan isu kontemporer, dan kesiapsiagaan bela negara. Agenda kedua tentang perilaku dan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK. Nilai-nilainya terdiri dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Sementara itu, agenda ketiga tentang peran dan kedudukan ASN dalam mendukung smart governance.
Ketika menjalani distance learning, ketiganya juga diwajibkan merancang kegiatan aktualisasi yang perlu dikerjakan selama masa habituasi. Kegiatan aktualisasi ini bertujuan untuk membiasakan diri dan menerapkan nilai-nilai dasar, peran, dan kedudukan ASN di unit kerja masing-masing.
Indriati selama masa habituasi melakukan kegiatan aktualisasi berupa pembuatan katalog karya beberapa mata kuliah di Prodi DKV. Sementara itu, Isnawati membuat sistem tracer study untuk menunjang pengumpulan data alumni Prodi DKV. Sedangkan Harun melakukan pembaruan tampilan dan konten informasi website Prodi DKV.
Setelahnya, ketiganya wajib mengikuti pembelajaran klasikal bersama 197 peserta lain dari gelombang 9 Latsar Kemendikbudristek. Pembelajaran klasikal ini berlangsung pada 5-10 September 2022 di Pusdiklat Kemendikbudristek, Depok. Tujuannya untuk memperkuat materi dan praktik agenda 1-3 yang telah dipelajari di masa distance learning. Pada masa klasikal ini para peserta Latsar juga menjalani evaluasi aktualisasi yang sudah dikerjakan selama masa habituasi.
Evaluasi aktualisasi merupakan kegiatan di mana para peserta Latsar melaporkan dan mempresentasikan kegiatan aktualisasi. Pada tahap ini mereka mempertanggunghjawabkan kegiatan aktualisasi di depan penguji, coach, dan mentor. Kelulusan mereka sebagai calon PNS ditentukan pada pertanggungjawaban ini. Baik Indriati, Isnawati, dan Harun menjalani evaluasi pada Jumat (9/9) dan dinyatakan lulus. Di akhir evaluasi, mereka pun diwajibkan mengucap sumpah untuk menjadi pegawai profesional dan siap menjalankan tugas.
Dengan dinyatakan lulus pada tahap evaluasi aktualisasi, artinya seluruh rangkaian Latsar yang mereka ikuti juga berakhir. Mentor ketiga dosen baru sekaligus Kaprodi DKV ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. memiliki harapan tersendiri. “Dengan lulusnya ketiga dosen baru ini, harapannya dapat memajukan prodi dan mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai Tridharma Perguruan Tinggi”, ungkapnya.
Keesokan harinya, seluruh peserta mengikuti penutupan Latsar yang diadakan di Gedung Merah Putih Pusdiklat Kemendikbudristek. Pada penutupan tersebut juga diumumkan para peserta dengan predikat lulusan terbaik. Isnawati sebagai salah satu peserta dari Prodi DKV ISI Surakarta menjadi salah satu lulusan dengan predikat sangat memuaskan.
Kemudian, penutupan Latsar pun diakhiri dengan sambutan dari Kepala Pusdiklat Kemendikbudristek, Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum. Ia berpesan kepada seluruh peserta Latsar agar nantinya ketika kembali ke unit masing-masing dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama di Latsar. Utamanya tentang perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN, hingga fungsi dan tugas ASN sesuai jabatan masing-masing.