STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan Program Sarjana (S-1) pada Program Studi Desain Komunikasi Visual adalah sebanyak 144 SKS. Matakuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa dikelompokkan berdasarkan SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, sebagai berikut :
a. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
b. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
c. Matakuliah Kewajiban Berkarya ( MKB)
d. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
e. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Berdasarkan klasifikasi, matakuliah dibagi menjadi dua. Pertama, matakuliah wajib, yakni matakuliah yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual baik pilhan TA Skripsi maupun Kekaryaan. Kedua, matakuliah pilihan, yakni matakuliah yang harus diambil oleh mahasiswa sesuai pilihan yang diambil pada waktu Tugas Akhir (TA Skripsi maupun Kekaryaan).
Berdasarkan konsentrasi studi, Program Studi Desain Komunikasi Visual pada penyelenggaraan pendidikannya berkonsentrasi pada kajian dan penciptaan desain yang diarahkan pada minat utama meliputi Desain Periklanan yang bersumber pada budaya nusantara sebagai spesifikasi Prodi ketika berhadapan dengan Program Studi sejenis dari Perguruan Tinggi lain.
Konsentrasi pengkajian dan penciptaaan desain komunikasi visual (Desain Periklanan) untuk kedua minat tersebut di atas bersumber pada budaya nusantara, didukung oleh matakuliah yang relevan antara lain : Menggambar Etnis, Tipografi Nusantara, Wawasan Budaya Nusantara, Estetika Nusantara, dan Kapita Selekta Budaya Nusantara. Untuk memantapkan keprofesian calon desainer maupun pengkaji desain periklanan pada pekerjaaan pengelolaan desain secara mandiri mahasiswa diberi matakuliah, antara lain : Etika Profesi dan Haki Periklanan, Manajemen dan Riset Periklanan, Sosiologi Desain, dan Kuliah Kerja Profesi.